MANFAAT SAMPAH RUMAH TANGGA DENGAN METODE PENGELOLAAN 5 R

MANFAAT SAMPAH RUMAH TANGGA DENGAN METODE PENGELOLAAN 5 R

Sipronew.com Sampah sering membuat masalah bagi lingkungan.

Lingkungan menjadi tercemar dan dapat mengganggu kesehatan kita. Selain membuang sampah pada tempatnya, ada cara lain mengurangi sampah. Ada rumus mengurangi sampah .

Cara itu dirumuskan dengan 5R.

1.Reduce : mengurangi sampah. Kita bisa mengurangi sampah dengan menggunakan bahan-bahan yang tidak banyak menghasilkan sampah. Misalnya lebih memilih makanan segar dibandingkan dengan makanan kemasan. Sampah dari makanan segar umumnya bisa terurai di alam dan tidak merusak lingkungan.
2.Reuse : menggunakan kembali. Barang yang sama bisa kita gunakan berkali-kali. Merayakan hari raya tidak perlu beli baju baru. Baju yang lama juga masih bisa kita gunakan. Kita juga bisa menggunakan kantong belanja yang sama berkali-kali. Membawa bekal dengan tempat bekal juga bisa kita lakukan ketika ke sekolah.
3.Recycle : mengolah kembali. Barang-barang yang tidak berguna, bisa menjadi berguna kalau diolah kembali. Sampah organik, misalnya sayur dan buah, dapat diolah menjadi kompos Dan Pakan Unggas/ikan. Kain perca dapat dibuat jadi selimut atau keset cantik.
4.Replace : menggantikan. Mengganti barang dengan yang lebih ramah lingkungan juga bisa kita lakukan. Misalnya dengan mengganti gelas plastik sekali buang dengan gelas kaca. Kita juga bisa meminta orang tua kita mengganti lampu di rumah dengan lampu hemat energi.
5.Rethink : memikirkan kembali. Ketika akan membeli atau menggunakan sesuatu, kita bisa memikirkan kembali, apakah barang itu akan menghasilkan sampah?  Apakah sampahnya berbahaya bagi lingkungan? Apakah barang itu benar-benar kita perlukan?
Kita juga bisa melakukan rumus 5R dalam kehidupan sehari-hari lewat metode 3 Mulai,. 
1.Mulai Dari Diri sendiri 
2. Mulai Dari Sekarang
3. Mulai Dari Yang Kecil
(Gus Hendro Diponegoro)