Biro Pengembangan Ekonomi Dan Kewirausahaan Pimpinan Wilayah Pagar Nusa Prov. Lampung Mengadakan Pelatihan Kewirausahaan di Kantor PTPN 7 Unit Kedaton Lampung Selatan

Biro Pengembangan Ekonomi Dan Kewirausahaan Pimpinan Wilayah Pagar Nusa Prov. Lampung Mengadakan Pelatihan Kewirausahaan di Kantor PTPN 7 Unit Kedaton Lampung Selatan

Sipronew.com Biro Pengembangan Ekonomi Dan Kewirausahaan Pimpinan Wilayah Pagar Nusa           Prov. Lampung Mengadakan Pelatihan Kewirausahaan di Kantor PTPN 7 Unit Kedaton Lampung Selatan

Bertempat di ruang Kantor Teknik & Pengolahan PTPN 7 Unit Kedaton Desa Way Galih Lamsel,Sabtu (27/02/ 2021) dilakukan kegiatan Pelatihan Kewirausahaan yang diikuti sekitar 25 peserta terdiri dari Satuan Pengamanan, Para pensiunan, Karyawan , mahasiswa PKL dari Universitas Malahayati sejak pukul 08.00 wib -14.00 wib Kegiatan tersebut dihadiri oleh Manajer PTPN 7 Unit Kedaton Bapak Rusman Ali Yusuf, SP dan Bapak Into Indrady, ST. MM Asisten Tehnik dan Pengolahan.Bertindak sebagai Pemateri adalah Bapak Dr. Bambang SM.MBA dan Bapak Gus Hendro SM MG Diponegoro SE MSi. Sedangkan sebagai Instruktur adalah Danang Baskoro Ketua Biro Pengembangan Ekonomi dan Kewirausahaan PW. Pagar Nusa.Prov.Lampung dibantu oleh Tabib Muhammad Nazir, SH.I.
Dalam kesempatan itu Bapak Rusman Ali Yusuf, SP. Selaku Manajer PTPN7 Unit Kedaton Lampung Selatan dalam sambutanya  : (1).  Ucapan terima kasih kepada pemateri enterpreneur ship yg telah meluangkan waktunya sehingga dapat memberikan wawasan sehingga karyawan setelah masa bebas tugas dapat menggabdi untuk masyarakat dan memberikan rezeki tambahan buat keluarga.(2). Membangun usaha atau Kewirausahaan lebih dini sangat penting untuk keluarga sehingga karyawan selalu berfikir positif dan fokus terhadap pekerjaan yg diembannya selain menambah ketrampilan juga menghasilkan uang tambahan.(3). Kami berharap rekan-rekan mandor bagian tanaman dan karyawan yg lain dapat diberikan wawasan yg sama sebagai motivasi kerja dan  kegiatan yg positif .
Sebagai Pemateri pertama adalah Dr. Bambang SM. MBA mangatakan bahwa 
kewirausahaan sebagai usaha atau bisnis yang dimulai dengan berani untuk menerapkan kreativitas dan inovasi sehingga dapat mengatasi masalah yang ada dan dapat menjadi peluang bisnis. Kewirausahaan adalah proses untuk mengidentifikasi segala masalah dalam kehidupan dan mengembangkannya untuk menemukan solusi yang tepat sehingga dapat mewujudkan visi dan misi hidup.Dalam menjalankan usaha, terdapat berbagai macam faktor yang bisa menentukan kesuksesan usaha tersebut, yakni modal, tenggang waktu, risiko, serta sumber daya yang digunakan untuk menghasilkan sesuatu dalam proses menjalankan usaha.
Setiap orang yang ingin berwirausaha pasti harus memiliki jiwa kewirausahaan sebelum memulai suatu bisnis dalam bidang apapun. Tanpa adanya jiwa kewirausahaan yang tinggi, bisnis yang tengah dirintis bisa berhenti bahkan bangkrut hanya karena penyebab yang sepele.
Ciri seorang berwirausaha harus (1). Berani Bermimpi Besar.Berbeda dari orang lain yang memiliki mimpi biasa-biasa saja, seorang wirausahawan harus memiliki mimpi besar yang out of the box dan berani untuk berpikir anti-mainstream untuk mencapai mimpi mereka tersebut.Seorang wirausahawan punya kemampuan dan keberanian untuk mengambil risiko dan keluar dari zona nyaman sebelum mencoba suatu usaha tanpa takut akan risiko kerugian. (2).Kemampuan Analisis Pasar yang baik sebagai salah satu jiwa pengusaha sejati, memperhitungkan segala macam risiko, mulai dari persaingan, untung rugi, hingga nilai jual barang yang ingin ditawarkan.(3)Salah satu hal terpenting yang dibutuhkan dalam berwirausaha adalah Disiplin dalam memenuhi segala macam target dan segala macam aturan yang diperlukan untuk mencapai tujuan yang diwujudkan dalam disiplin waktu, disiplin dalam keuangan, dan disiplin dalam berbagai hal lainnya.Tanpa kedisiplinan, waktu, tenaga dan uang Anda pasti akan terbuang percuma dan usaha tidak akan berjalan semestinya.(4).Menjalankan usaha membutuhkan konsistensi yang tinggi dalam menjalankan keputusan yang dibuat. Tanpa konsistensi, pasti keputusan yang dibuat bisa berubah-ubah dan malah tidak berdampak baik bagi bisnis.
Bertindak sebagai Pemateri ke 2 adalah Gus Hendro SM MG Diponegoro, SE., MSi (Merupakan seorang Dosen, Pembina PSNU Pengurus Wilayah PagarNusa Prov. Lampung, Wakil Ketua Pendekar Banten Korda 1 Lampung ,Pengurus Dewan Pimpinan Nasional Jaringan Relawan Hijau Nusantara) menuturkan   bawa kewirausahaan merupakan proses mengidentifikasi, mengembangkan, dan membawa visi ke dalam kehidupan berupa ide inovatif, peluang, cara yang lebih baik dalam menjalankan sesuatu dengan hasil akhir  penciptaan usaha baru atau memiliki usaha investasi dengan keuntungan yang didapat di masa depan yang didorong oleh keserbagunaan, ambisi, kecerdasan yang komprehensif, dan kemampuan untuk mengumpulkan, mengelompokkan, dan menggunakan informasi untuk mengolah sumber daya dan produk atau jasa.Sikap mental wiraswasta terdiri dari komponen kogintif, komponen afektif, dan komponen kognatif. 
Lewat wirausaha seseorang akan menjadi orang yang Profesional, Unggul dan Mandiri.
Seorang Profesional selalu percaya diri,
berorientasikan tugas dan hasil,berani mengambil risiko,
berjiwa pemimpin,menjaga
keorisinilan,berorientasi ke masa depan,jujur dan tekun
Seorang wirausahawan memiliki sifat keyakinan, kemandirian, individualitas, optimisme 
selalu berusaha untuk berprestasi, berorientasi pada laba, memiliki ketekunan dan ketabahan, memiliki tekad yang kuat, suka bekerja keras, energik dan memiliki inisiatif,
memiliki kemampuan mengambil risiko dan suka pada tantangan,bertingkah laku sebagai pemimpin, dapat bergaul dengan orang lain dan suka terhadap saran dan kritik yang membangun.
Sesorang yang unggul itu memiliki inovasi dan kreativitas tinggi, fleksibel, serba bisa dan memiliki jaringan bisnis yang luas ,memiliki persepsi dan cara pandang yang berorientasi pada masa depan,memiliki keyakinan bahwa hidup itu sama dengan kerja keras.