TAMARA OKE upaya BUMD pesawaran mengimplementasikan VISI MISI Duet Bapak BUPATI H.DENDI RAMADAHONA KALIGIS,ST.,M.Tr.I.P dan Bapak Wakil Bupati KOL(Purn) S.Marzuki,S.Sos.

TAMARA OKE upaya BUMD pesawaran mengimplementasikan VISI MISI Duet Bapak BUPATI H.DENDI RAMADAHONA KALIGIS,ST.,M.Tr.I.P dan Bapak Wakil Bupati KOL(Purn) S.Marzuki,S.Sos.

SIPROnews.com Setelah melaksanakan program KOMPI(Kapulaga Organik Makmurkan Petani Indonesia), BUMD Pesawaran bersama para pemuda, petani, bung fakih dan bung Wawan dan kawan-kawan PERS lainnya di kabupaten pesawaran mengali potensi yang ada di desa untuk mengimplementasikan Visi Kabupaten pesawaran labuh maju dan Misi panca cita pembangunan kabupaten pesawaran yang di gulirkan oleh Bapak BUPATI H.Dendi Ramadhona Kaligis,ST.,M.Tr.I.P dan Bapak WAKIL BUPATI KOL(Purn) S.Marzuki,S.Sos.
Khususnya pada Misi ke 3, 4 dan 5, yakni:
~Misi ke 3 adalah Mewujudkan sumber daya manusia yang sehat jasmani dan rohani, cerdas, unggul, berkarakter dan berdaya saing.
~Misi ke 4 adalah Peningkatan pembangunan ekonomi untuk memperkuat perekonomian daerah.
Sesuai pesan Bapak BUPATI bahwasanya Misi ini bertujuan untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi daerah dengan mengoptimalkan pemanfaatan sumber daya lokal untuk meningkatkan pendapatan daerah dan masyarakat.
~Misi ke 5 adalah Mewujudkan desa mandiri sebagai titik berat pembangunan berbasis kemasyarakatan dan potensi lokal yang berdasarkan pemberdayaan masyarakat.

Dengan memperhatikan misi tersebut di atas maka sejak Januari 2021 di lakukan pencarian tanaman produktif di desa-desa yang dapat di budidayakan dan di kembangkan dari hulu s/d hilir. Akhirnya pilihan jatuh kepada tanaman talas merah origin pesawaran - Lampung yang kemudian perusahaan perseroan daerah (PERSERODA) PT.Aneka Usaha Laba Jaya Utama - BUMD Kabupaten pesawaran membuat program TAlas Merah pesawARan lAmpung Organik untuk Kemakmuran pEtani (TAMARA OKE) - Mitra BUMD Pesawaran.

Dalam pelaksanaan program TAMARA OKE, BUMD Pesawaran akan menggandeng Bank Lampung maupun bank lainnya yang siap dalam memberikan pembiayaan kepada petani maupun masyarakat yang akan melaksanakan program TAMARA OKE Mitra BUMD pesawaran.
Daun, batang, anak umbi dan induk umbi serta akar TAMARA bisa di produksi jadi sebagai berikut:
1.Daun TAMARA di produksi jadi tembakau non nikotin untuk rokok herbal dan teh herbal dan obat herbal.
2.Batang TAMARA jadi bahan baku pupuk organik, material kerajinan anyaman dan obat herbal.
3.Anak umbi dan Induk umbi TAMARA di produksi jadi tepung, Anek makanan dan minuman, masker, handbody, sabun colagen dan obat herbal.
4.Akar TAMARA di produksi jadi obat herbal. 

TAMARA merupakan plasma Nutfah origin kabupaten pesawaran, provinsi lampung - Indonesia yang mampu beradaptasi dengan baik di segala Medan dan bisa tumbuh baik di dataran rendah dan tinggi 1.000Mdpl, karna TAMARA tanaman yang bersifat sukulen yakni banyak mengandung air. Sehingga dapat di di tanam dengan pola budidaya monokultur, polikultur, tumpang sari, sisipan dan tumpang gilir. Sehingga TAMARA sangat baik sebagai tanaman AGRO FOOD and PLANTANTION BUSINESS Berorientasi Eksport yang di budidayakan dan di kembangkan oleh para petani dan masyarakat baik di lahan pertanian, perkebunan, pekarangan, lahan tidur dan di Hutan milik negara/lahan milik pemerintah yang kurang produktif karna menanam TAMARA secara tumpang sari tidak perlu menebang pohon yang telah tumbuh sebelumnya.
Program TAMARA OKE bisa di mix dengan program KOMPI, juga bisa di sisipkan dengan tanaman kedelai yang jadi program kementerian pertanian RI yang di tanggani oleh TIM Kelompok Kerja Pengembangan kedelai 2020 - 2024 secara nasional.

Dan pada Februari 2021 produksi bibit TAMARA yang di ambil dari pegunungan desa bayas jaya, kecamatan waykhilau ada 200.000 batang bibit TAMARA. Kemudian sebanyak 100.000 batang bibit TAMARA di tanam oleh petani desa bayas jaya di lahan seluas 10Ha yang perhektarnya di tanam 10.000 batang bibit TAMARA dengan jarak tanam 1M X 1M.
30.000 batang bibit TAMARA di beli oleh petani Pandeglang - Banten. 20.000 batang bibit TAMARA di tanam petani desa pampangan kecamatan gedong tataan dan 49.900 batang bibit TAMARA di tanam di desa Padang manis kecamatan way Lima. 100 batang bibit TAMARA jadi demplot di kantor cabang BUMD pesawaran di desa Cimanuk kecamatan waylima.
Selanjutkan akan kembali memproduksi bibit TAMARA. 

Pesawaran kabupaten pusaka, Bumi Andan jejama.